Cara Masuk Google Sandbox, Gimana Cara Keluar ?

Blog Saya Masuk Google Sandbox, Gimana Cara Keluar ?

husentulis - Google Sandbox ? Pernah gak sih kalian berpikir kalau blog kalian bakal kena google sandbox ? jujur saja saya ngeblog sudah ada sekitar 4 tahun, semua dimulai dari kelas XI Madrasah Tsanawiyah hingga sekarang kelas XII Smk Negeri 1 Kuala Tungkal, dan ini udah kesekian kalinya blog saya kena penalty google.

Baiklah sebelum kita bahas lebih mendalam lagi, saya akan sedikit memberikan pengertian apa yang dimaksud google sandbox tadi, dan juga apa akibatnya. ini sebenarnya buat teman teman blogger yang (manatahu) blog nya juga sama nasib nya kaya saya atau buat teman teman blogger yang hanya sekedar ingin menambah wawasan ilmunya mengenai blog.

Baiklah kita mulai dari yang pertama, apa itu google sandbox ?
Kalau versie ane, google sandbox ini bisa dibilang sebagai hukuman "penalty" dari google kepada para blogger yang bisa dianggap nakal, nakal disini maksudnya para owner blog tersebut mendirikan blog tersebut dan membangunnya dengan cara yang dianggap salah oleh mesin pencari.

Kalau versie google, Google Sandbox adalah tindakan penalty dari pihak Google kepada blog atau website yang akan menghapus blog atau artikel dari index google. Bisa diartikan ini adalah penjara berupa pasir hidup yang akan memakan atau menyedot artikel anda. Jadi, sangatlah berbahaya bagi Blog kita.

Apa akibatnya ? Seperti yang sudah dikatakan dari pengertian diatas, bahwa setiap blog yang terkena google sandbox, akan dihapus dari index google, bukan hanya homepage nya tetapi artikel nya pun ikut terhapus, saya ambil contoh yaitu blog saya sendiri, blog ini baru saya bangun dari bulan juni lalu dan masih berumur +1 Bulan dan didalamnya sudah saya isi dengan 18 artikel (hingga saat ini) dan dari salah satu artikel saya ada yang berada diposisi halaman pageone google, semua aman dan tentram begitupun pendapatan saya dari google adsense. Namun, semua nya berubah saat negara api menyerang.

Bukan, maksudnya semua berubah setelah blog saya terkena google sandbox, semua artikel saya hilang dari halaman mesin pencari bahkan homepagenya saja hilang. saya sempat bertanya - tanya ke teman blogger dan juga mencari info mengenai google sandbox, saya mendapatkan hasil bahwa blog yang terkena google sandbox tentu ada alasan dan penyebabnya, antara lain :

1. Blog anda copas (copy paste)
2. Terlalu banyak ping otomatis
3. Mencari backlink secara "gila-gilaan"
4. Kebanyakan kata kunci di postingan

    Setelah mendapat info tersebut saya tidak hanya tinggal diam, saya langsung mencari apa akibatnya dan mereview blog ku satu - satu. kalau dipikir - pikir untuk yang nomor 1, tidak mungkin karena didalam blog ini 100% asli tulisan tangan saya tanpa campur tangan mertua (belumpunya). 

    kemudian, yang 2 (kedua) itu semakin tidak mungkin, aku sendiri mengganggap blog itu sebagai teman dan tempat aku mencurahkan isi hati dan berbagi ilmu, blog menurutku bukan lah robot yang harus nge-ping setiap hari secara otomatis. walaupun kenyataannya sangat berbalik.

    Ketiga, nah ini yang sempat saya curigai, kalau anda pembaca blog ini pasti tahu kalau saya sempat mengeluarkan template buatan saya, dan secara tidak sadar blog saya ini tiba - tiba bertambah backlink nya dari yang hanya 10 backlink eksternal, tapi sekarang sudah sampai ratusan bahkan ribuan backlik, walaupun yang diindex oleh alexa hanya lah 29 links in. 

    Keempat, kalau bagian ini saya agak ragu, karena saya bukanlah tipe orang yang suka riset keyword atau kata kunci, saya ini tipe blogger yang bisa dibilang nge-blog karena hoby, kenapa begitu ? iya, karena setiap saya menulis itu semua tergantung mengenai mood saya. jika mood saya lagi buruk, saya tidak akan menulis apapun bahkan, walaupun ide datang ribuan dikepala ku. Tapi, jika mood saya lagi baik, bahkan jika tidak ada ide pun saya masih bisa menulis. karena dari pertama saya ngeblog pun tujuan utamanya adalah untuk melatih cara menulisku dan menyalurkan hoby, bukan sebagai beban dan pekerjaan utama.

    Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa blog saya ini masih baru dan artikel nya pun masih 18 postingan, nah kalau teman teman mau bukti bahwa blog saya terkena google sandbox, silahkan teman teman search di google dengan nama blog ku, (hingga saat ini) belum ada yang nongol, termasuklah homepage nya yaitu husentulis.blogspot.co.id juga belum bisa terlihat dihalaman google. Ada beberapa artikel yang sudah hilang dan lenyap di mesin pencari, 

      Kalau kita lihat daftar artikel yang hilang diatas kita bisa menyimpulkan bahwa dampak dari google sandbox ini benar benar "menyakitkan" karena hampir 90% isi dari blog saya hilang dari halaman mesin pencari, dan tentunya akan berdampak pada pengunjung blog ini yang sangat - sangat turun drastis. begitu pula dengan google adsense pasti akan merasakan dampaknya.

      Tapi walaupun blog kalian terkena google sandbox bahkan hingga 100% terhapus dari mesin pencari, saya harap teman - teman blogger semua tidak akan meninggalkan kegiatan ini, kalau teman - teman bingung karena blognya "terhisap" google sandbox. ada baiknya cari dulu di google cara mengatasinya, kalau anda sabar pasti blog kalian bisa bebas dari "hisapan" tersebut. kalaupun dalam waktu lama blog teman - teman belum bebas, jangan lah menyerah, tetaplah lanjutkan kegiatan ini. Kalau tips dari saya ketika blog teman - teman masuk google sandbox, teman - teman jangan langsung panik, teman - teman harus tenang dan mengatasinya dengan santai. lambat laun pasti akan lolos. Saya yakin itu, dan akhir kata wassalam.

      1 Response to "Cara Masuk Google Sandbox, Gimana Cara Keluar ?"

      1. semua di alihkan ke https://sobathusen.blogspot.co.id/ karena blog ini sudah tidak terpakai

        ReplyDelete