Cara Peer To Peer Di Windows 7 Dan Windows 8 / 8.1

Assalamualaikum Wr.Wb ~ Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara peer to peer di windows 7 dan windows 8 / 8.1 . Peer to peer adalah menghubungkan 2 PC (Personal Computer), menggunakan kabel Crossover dengan penggunaan IP address. Fungsi dari Peer to peer itu berbagai macam yaitu : Untuk sharing data atau file, Bermain game bersama contohnya : Counter strike, Left 4 dead, Tourchlight dan lain sebagainya, Inti nya Peer to peer adalah komunikasi dua komputer yang saling berinteraksi. Berikut ini saya akan berbagi cara bagaimana berbagi file atau data menggunakan cara peer to peer. langsung saja ke pokok pembahasan kali ini cekidot.


Langkah-lagkah konfigurasi peer to peer :


Pertama masuk ke control panel Network and internet > Network and sharing atau cara cepat ke gambar wifi di taskbar di bawah kanan > lalu klik kanan > open network and sharing center
Setelah itu Change adapter settings.



Setelah itu pilih Ethernet ( Network cable unplugged ) klik kanan > Properties
Pilih Internet protocol version 4(TCP/IPv4) > Untuk komputer A berikan IP address dan default gateway seperti berikut :
IP Address : 192.168.1.1
Subnetmask : 255.255.255.0
Default gateway : 192.168.1.1

IP address di atas adalah kelas C ada macam-macam kelas IP address nanti akan di bahas di postingan selanjutnya.
Ini untuk komputer B ini IP address seperti berikut:
IP Address : 192.168.1.2
Subnetmask :255.255.255.0
Default gateway : 192.168.1.1
Setelah itu Ok pengaturan IP Address di komputer A dan komputer B. Untuk mengecek apakah ke dua komputer A dan komputer B sudah terhubung? Menguji nya dengan cara :
CMD (Command prompt) > tuliskan ping 192.168.1.1 apabila ada tulisan reply .... maka kedua komputer telah terhubung.
Setelah itu atur pengaturan berbagi file data di komputer A dan komputer B. Dengan masuk ke Network and sharing center.
Lalu pilih Network discovery > Turn on network discovery
Lalu Public folder sharing Turn on sharing so anyone with network access can read and write files in the public folder lalu save changes.
Setelah itu sharing-kan folder yang akan dibagikan dengan komputer lainnya. seperti berikut : klik kanan folder yang akan di sharing > properties > tab sharing > share.
Pada file sharing pilih everyone > lalu add

Ganti permission nya menjadi Read/write lalu Save.
Lalu sharing data selesai lalu done
Setelah itu untuk memindahkan file atau data nya, pilih ke Network seperti di gambar di bawah ini, lalu pilih di komputer yang tadi folder yang di sharingkan, seperti contoh saya sharing kan film.
Dan ini lah folder yang di sharingkan.
Lalu copy kan file atau data, contohnya saya copy kan film ke drive penyimpanan saya. Dan tarra anda dapat memindahkan data atau copy kan file tanpa harus menggunakan flashdisk dan kecepatan peer to peer untuk pemindahan sangat cepat.
Sekian cara peer to peer di windows 7 dan windows 8 / 8.1, mohon maaf apabila ada salah kata atau pengetikan. Terimakasih atas kunjuungannya.

Sebelum menutup artikel ini, mohon saran dan komentarnya di kolom komentar. Apa kekurangan dan kelebihan artikel cara peer to peer di windows 7 dan windows 8 /8.1 ini ? supaya bisa belajar memberikan artikel yang terbaik. Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat mohon untuk di share artikel ini " Ilmu tidak akan hilang apabila di tuliskan dan di amalkan "  Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 Response to "Cara Peer To Peer Di Windows 7 Dan Windows 8 / 8.1"

Post a Comment